Negara Penghasil Teh terbesar di Dunia, Indonesia Salah satunya

blog

Negara Penghasil Teh terbesar di Dunia, Indonesia Salah satunya

Posted on 28 Oktober 2021
Negara Penghasil Teh terbesar di Dunia, Indonesia Salah satunya
  1. China
    Kamu pasti tahu kalo teh memang menjadi sebuah kebudayaan China. Negara ini juga menyumbang hamper separuh jumlah teh di dunia loh.

  2. India
    Negara penghasil teh nomor dua adalah India. Dikutip dari Liputan6.com bahwa di Tahun1598 ketika para penjajah dari Belanda ke India, mereka menemukan teh namun bukan dikonsumsi sebagai minuman. Justru, teh tersebut dikonsumsi dengan cara diolah menjadi sayuran. Unik banget ya 

  3. Sri Lanka
    Negara yang satu ini merupakan Negara yang terkenal dengan teh nya yang berkualitas tinggi. Teh hitam dari Sri Lanka menjadi yang terbaik di Dunia 

  4. Kenya
    Teh yang dihasilkan dari Negara ini juga mempunyai kualitas yang baik. Bahkan teh hitam yang dihasilkan jumlahnya diatas Sri Lanka 

  5. Bangladesh
    Awal mula dari teh di negara ini berawal dari tahun 1840. Ketika itu, Inggris membuat perkebunan teh di daerah Sylhet, yang hingga kini masih menjadi pusat dari teh produksi Bangladesh. 

  6. Indonesia
    Pertama kalinya teh yang ditanam di Indonesia justru berasal dari Jepang di tahun 1684. Namun the yang dihasilkan dari Jepang tersebut tidak mwnunjukkan kualitas yang baik. Kemudian di Tahun 1877 di datangkanlah the dari Sri Lanka yang berkualitas bagus dan sangat cocok dengan kondisi tanah Indonesia. 

  7. Vietnam
    Awalnya, teh yang ada di Vietnam berkembang dari daerah utara yang berbatasan dengan Provinsi Yunan, China. Jadi tidak heran jika dari segi budaya minum teh, Vietnam hampir sama tuanya dengan China, tentu berkat letak negara yang berdekatan. Namun, teh sendiri justru mulai dikembangan menjadi komoditas yang bernilai ekonomi karena penjajah Prancis yang masuk ke Vietnam tahun 1883. 

  8. Myanmar
    Myanmar merupakan salah satu negara dengan kualitas teh terbaik di dunia. Negara Seribu Pagoda ini memiliki perkebunan teh terbaik yang berlokasi di Shan, yang merupakan negara bagian dimana berbatasan dengan China. 

  9. Iran
    Awalnya berkembangnya teh di Negara ini adalah berkat pedagang China yang melewati “Jalur Sutra” di Iran. Makin lama perkembangan teh disana semakin maju , sehingga masyarakat mulain menanam teh mereka sendiri.

  10. Turki
    Turki merupakan salah satu negara penghasil teh yang cukup besar dan kualitasnya juga baik. Selain itu, Turki juga memiliki budaya minum teh yang sangat khas. Masyarakat Turki juga dikenal sebagai pecinta teh dan memberi sumbangsih terhadap konsumsi teh di dunia. 

LMP , Okt 2021